Senapan Angin Cipacing

Senapan Angin Cipacing

Kota kecil yang terkenal dengan kesenian tradisional “kuda renggong” dan makanan khasnya “tahu” itu tak lain adalah Kota Sumedang. Sekitar 40 km arah selatan Kota Sumedang ada satu Kecamatan yang terdiri dari beberapa Desa yaitu Cipacing, Cileles, Sayang, Cikeruh, Cilampi, Hegarmanah, Jatiroke dan Jatimukti, semua Desa tersebut termasuk kedalam wilayah Kecamatan Jatinangor. Kecamatan ini sudah terkenal luas akan kerajinan tangannya, mulai dari kesenian memahat, mengukuir dan membuat senapan angin. kerajinan tangan masyarakat Cipacing telah terkanal hingga mancanegara, termasuk membuat senapan angin. industri senapan angin di Cipacing telah berlangsung satu abad silam, tepatnya tahun 1854 oleh Raden Nata Dimadja. Raden Nata Dimadja adalah orang yang pertama kali merintis usaha membuat senapan angin di Cipacing. Sedangkan di Dunia senapan angin dikembangkan ketika perang kemerdekaan Amerika Serikat melawan Inggris.

Senapan angin adalah jenis senapan yang menggunakan sistem pneumatik atau tekanan udara. Ada tiga jenis senapan angin yaitu senapan angin tipe gas, pompa dan tipe per. Di sepanjang jalan raya Cileunyi-Rancaekek sekurangnya ada 20 toko yang menjual senapan angin buatan Cipacing, harga yang ditawarkan pun berpariasi, mulai dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 8.000.000 untuk senapan angin tipe gas, sedangkan untuk tipe pompa dan per berkisar Rp. 300.000 hingga Rp.1.500.000. Tak hanya di pajangkan untuk dijual saja, biasanya pesanan datang dari beberapa Kota besar seperti Maluku, Irian Jaya, Aceh, Sumater dan Kalimantan. Namun kerusuhan dan berbagai konflik membuat turunnya pesanan dengan sangat drastis.

Pembuatan Senapan Angin Cipacing.

Pemotongan Laras

Pemotongan Laras

Bahan untuk laras menggunakan pipa besi supaya laras nantinya tidak mudah melengkung dan patah, dengan diameter 12 mm sampai dengan 15 mm. Bahan di potong sepanjang 50 cm sampai dengan 60 cm atau sesuai dengan jenis senapan angin yang di inginkan. laras selanjutnya disambungkan dengan BOK peluru kemudian digabungkan dengan tabung dengan cara di patri (lem bakar untuk besi).

Panjang tabung antara 50 cm sampai dengan 60 cm dengan diameter 25 mm sampai dengan 30 mm.
Setelah pipa tabung di potong dengan panjang tertentu barulah tabung di kikir dan di amplas supaya tabung mengkilat dan tidak kusam. Ada dua jenis bahan yang digunakan untuk tabung, yaitu jenis Kuningan dan Besi. Jenis Kuningan biasanya digunakan untuk senapan angin tipe pompa, sedangkan besi untuk jenis gas. Elemen-elemen yang terdapat di dalam tabung yaitu pentil depan, pentil belakang, per, pemukul angin dan klep.
Prinsip kerja tabung yaitu : angin atau gas masuk melalui pentil depan dan di tahan oleh pentil belakang, pemukul angin me
Mengikir Lubang Pada Tabung
nekan per dan mendorong memukul pentil belakang, angin atau gas yang tersimpan keluar melalui pentil belakang mendorong peluru yang di simpan dalam laras melalui selang angin. Prinsip kerja tabung ini dikendalikan oleh pemicu atau pelatuk.
Pipa tabung dilubangi untuk dudukan stang pompa untuk senapan angin pompa, kemudian lubang tersebut dikikir dan di amplas supaya halus. lubang pada tabung ini memanjang sekitar 15 cm. lubang ini untuk menghirup angin pada saat stang pompa ditarik atau di pompa. untuk melubangi pipa tabung ini dikerjakan pada mesin pris atau skrap.
Membuat tutup tabung dikerjakan pada mesin bubut. panjang tutup
tabung antara 4 cm sampai dengan 5 cm dengan diameter 25 mm sampai dengan 30 mm. bahan untuk tutup tabung menggunakan besi supaya kuat. untuk memasangkan tutup tabung pada tabung yaitu dengan cara di pukul menggunakan pemukul dari kayu.
Membuat Tutup Tabung

Membuat Tutup Tabung

setelah tutup tabung masuk kemudian di bor pada mesin bor untuk memasang baud sehingga tutup tabung tidak akan lepas.
Proses Memblonir, yaitu proses penghitaman pada pipa besi. proses ini biasanya dikerjakan untuk jenis senapan angin tipe gas. Setelah pipa besi siap untuk di blonir atau dihitamkan, langkah pertama yaitu pipa besi dicuci terlebih dahulu oleh diterjen hingga bersih, setelah itu pipa dimasukan ke dalam larutan blonir dan di didihkan, setelah pipa besi menghitam pipa besi dicuci kembali hingga bersih supaya cairan blonir hilang, kemudian di jemur hingga kering. setelah mengering pipa-pipa tersebut kemudian di gosok menggunakan pelumas atau oli supaya mengkilat dan tidak mudah berkarat.
Menggosok Pipa Besi

Menggosok Pipa Besi

Pembuatan Pohpor.
Pohpor terbuat dari kayu. Ada tiga jenis kayu yang biasa di olah menjadi pohpor, yaitu jenis kayu Mahoni, kayu Sonokeling dan kayu Jati. ketiga jenis kayu tersebut memiliki kualitas yang sama, yaitu tidak mudah regas atau patah dan mudah dalam memprosesnya, yang membedakannya yaitu salur atau motip yang dimiliki oleh karakter kayu tersebut, pada kayu mahoni tidak memiliki salur atau motif, pada kayu memiliki salur atau motif yang beraturan sedengkan pada kayu sonokeling motif atau salurnya tidak beraturan.
proses pembuatan pohpor yairu mulai dari kayu gelondongan dibuat papan dengan tebal sekitar 5 cm, kemudian di pola sesuai dengan bentuk jenis senapan. Setelah pola di dapat kemudian di potong sesuai pola dengan menggunakan gergaji angklung, lalu pada pembentukan menggunakan golok, sugu tangan dan pisau raut, dan untuk menghaluskannya kemudian di amplas hingga benar-benar halus, lalu di plitur dan di jemur hingga kering.
Pembuatan Pohpor

Pembuatan Pohpor

Memasang Pemicu.
Pemicu adalah alat untuk melepaskan tembakan, angin atau gas yang tersimpan dalam tabung dikendalikan oleh pemicu, apabila pemicu ditekan atau ditarik maka angin atau gas akan keluar mendorong peluru yang telah tersimpan pada laras. prinsip kerja pemicu yaitu pada saat menarik kokangan ke belakang atau memasangkan peluru secara otomatis per yang tersimpan pada tabung akan menekan kebelakang, pada saat pemicu ditekan atau ditarik per akan mendorong pemukul angin dan memukul pentil belakang.
pemicu dikerjakan pada mesin skrap atau pris sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan dengan proses akhir
Memasang Pemicu

dihaluskan pada mesin grinda. bentuk pemicu pada umumnya melengkung tapi ada juga yang dibentuklurus.

Setelah proses perakitan selesai, kemudian senapan angin di pasangkan pada pohpor. pada pohpor terdapat satu atau dua lubang untuk memasangkan senapan dengan cara di baud.
Suasana kerja di bengkel senapan angin Refline Air Rifle yang bertempat di Dusun Nangkod Rt 02 Rw 09 Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat.
About these ads

138 Komentar

  1. joechonk said,

    Agustus 27, 2008 at 4:23 am

    diantara foto yang di senapan angin cipacing ini yang paling gw suka, foto-foto yang lain hanya nampilin satu orang yang sedang tampak membuat senapan saja , foto ini lebih memuat banyak informasi sang fotografer mencoba mengatakan bahwa kesibukan suasana tempat pembuatan lebih terasa….
    nice job bro =D

    • billy said,

      Maret 11, 2012 at 1:22 pm

      saya setuju bro!

  2. djgujul said,

    Agustus 27, 2008 at 11:31 am

    wow hebat

  3. E santosa w said,

    Agustus 28, 2008 at 1:12 am

    Kalo cara blonir bagaimana cara dan bahannya?

  4. evan said,

    September 23, 2008 at 2:10 pm

    Dear, salam hormat buat akang fotograper

    nampaknya sedemikian profesional anda di dalam mengcapture foto-foto sehingga gambar-gambar yang dihasilkan dapat menceritakan tentang proses pembuatan senapan made in cipacing itu, so diharap detil senapan juga dapat anda ceritakan dengan mengcapture parts kecil-kecil seperti klep atau untuk senapan gas dapat anda ambil gambar tabung gas sebagai power source nya senapan PCP.

    oke selamat berkarya ….

    evan haryadi

  5. priyo said,

    Oktober 19, 2008 at 4:51 pm

    saya suka produk senapan buatan cipacing terutama senapan gas, karna selain harganya terjangkau kualitasnya jg lumayan baik. namun ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan, yaitu;
    kenapa dalam setiap tembakan kadang2 ada beberapa loncatan peluru?
    klo bisa mutu bahan larasnya di tingkatkan dikit aja yah,,,
    misalnya seperti V 700 he..he..he..
    O ya mas, klo boleh sy minta no. HPnya yg bisa dihubungi, N gimanany carany bisa menjadi distributornya

  6. JOHAN WAHYUDI said,

    Oktober 27, 2008 at 7:22 am

    bagus. infonya cukup detail.
    Tulisan seperti ini bisa menginspirasikan daerah2 lain untuk menjadi produsen senapan.
    tetapi alangkah lebih baiknya jika lebih detail. masalah perizinan, serta pemerolehan bahan. oh iya satu lagi yang ketinggalan ini termasik inti dari senapan angin.pembuatan “alur dalam” sepanjang laras senapan itu lebih bagus lagi kalau ditulis.
    tapi keseluruhan…
    TOP PISAN….

  7. priyo said,

    November 8, 2008 at 2:08 pm

    saya sebagai pengguna senapan produk lokal sangat menyukai,namun ada beberapa hal yg ingin sy sampaikan, terutama mengenai kualitasnya kurang tahan lama mohon lebih diperbaiki.kalau soal tembakan sdh lumayan baguslah, tp ada baiknya untuk pembuatan laras lebih diteliti lagi supaya akurasinya bisa mengimbangi produk luar negeri, jangan sampai kalah OK.

  8. adi said,

    November 23, 2008 at 10:30 am

    apa kabar.
    saya orang medan, mau nanya apakah di medan ada toko senapan angin cipacing di medan. maksudnya toko yang khusus menjual senapan angin cipacing. di medan susah cari senapan angin, padahal di medan masih banyak hutan atau tempat berburu, maupun tempat menembak. disini susah cari senapan angin. bisa kasih informasi gak. tolong.
    terima kasih banyak…………….

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:14 am

      ada pak… walaupun standarisasi hanya 4,5…
      jika berburu hewan besar dengan 4,5 tidak bisa kenapa tidak dengan yg lebih besar lagi….

    • bintangmeriah said,

      Oktober 21, 2010 at 3:15 am

      Kalo di Medan coba cari di di Toko Benyamin di Kesawan sebelah Resto Tip Top

  9. heri said,

    November 25, 2008 at 7:36 am

    halo bro apa kabar
    saya penyuka senapan angin.mau nanya ni,kira2 diproduksi g yang kalibernya lebih besar dari 4,5.soalnya di tempatku buruanya ukuran besar

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:14 am

      085624744982….
      maaf telat utk menjawab indo ini..
      maksih

  10. as putra sport said,

    Desember 13, 2008 at 2:07 pm

    saya hobby senapan angin dan pounya toko khusus spert part senapan angin juga. kalau boleh tahu nomer telponnya dong ?

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:16 am

      085624744982..
      maaf telat menkawabnya…
      makasih

  11. andi said,

    Januari 2, 2009 at 1:10 pm

    mas, mau nanyak ni……klo mau pesan kayu untuk senapan angin bisa ga?????soalnya saya punya senapan waktu saya berburu rusa eh ga tau nya senapan saya jatuh dan kayunya patah….apa bisa pesan disini????merk Rapid 2700 PSI…..

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:18 am

      bisa mas…. tergantung dari bentuk dan modelnya anda ingin bagaimana…
      atau bisa aja menurut standarisasinya….
      juga bahan nya ada pilihan tergantung selera anda,

  12. joko said,

    Januari 7, 2009 at 11:56 am

    mas bisa kirim ke banjarmasin kgk
    mau jualan nih saya

  13. A'and said,

    Januari 10, 2009 at 3:51 am

    hello….,
    saya orang kalimantan yang tertarik dengan olahraga tradisional menyumpit, nah…. saya mau tanya apakah bisa membuatkan saya sumpitan dengan panjang 180cm – 237cm tetapi menjadi 3 bagian sambungan seperti stick billiard???? Karena ada pengalaman kalo mengikuti kejuaraan menyumpit antar daerah ada kesulitan pada saat membawa.
    thanks………

    • papinha said,

      Januari 11, 2009 at 10:02 am

      Bisa saja, anda berdomisili dimana???

  14. Widayat said,

    Januari 31, 2009 at 6:09 am

    Harga perunitnya berapa Om ya….
    Saya sedang demen berburu nich…tapi domisili di kaltim.
    Maklum disini modelnya g ada yang oke
    08125876970

  15. ceblong said,

    Februari 7, 2009 at 4:48 pm

    saya ingin membuat senapan angin dengan tekanan dari tabung yang di isi ,seperti sistem compresor bs tidak ya

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:19 am

      bisa mas/pak….
      tapi gasnys CO2, bukan dari angin compresor

  16. nazar said,

    Maret 18, 2009 at 4:19 am

    kalo spring untuk senapan merk diana yg original ada tdk,dan brp hrganya…

  17. dion said,

    Maret 20, 2009 at 8:20 am

    Bagus sekali, terutama tentang penghitam logam yang jadi tahan karat, “larutan blonir” nya itu apa ?, cara buat atau belinya dimana yaa, karena saya mau gunakan untuk menghitamkan beberapa keris peninggalan ortu, tapi tidak dengan warang(beracun dan cepat keropos), mohon info dan bantuan nya.Terima kasih.

  18. UPANG said,

    Maret 30, 2009 at 4:58 am

    Hallooo…
    saya dari BEKASI nih,mau tanya masalah senapan GAS CO2,Kalau beli tabungnya kira2 dimana ya, barang X ada yang punya info jitu…..
    Yang jual senapan GASnya bayak, tp yang jual tabungnya susah,….Thanks.

  19. UPANG said,

    Maret 30, 2009 at 5:13 am

    PAPINHA….? bisa ngga aku minta Katalog senapan gas dari MERK,TYPE,HARGA & GAMBAR..,Temenku yang Hobby nembak lumayan banyak,jujur aja termasuk aku juga sih.
    ditunggu banget emailnya.

  20. Bogenk said,

    April 4, 2009 at 12:13 pm

    Senapannya bisa di pasang peredam gak + teropong.

  21. daryono said,

    April 7, 2009 at 2:49 am

    sya klu mau pesan senapan,no hp nya berapa ya….???
    di semarang,mahal klu mau bikin senapan…
    sms saya 085225695223

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:20 am

      maaf baru mengabari
      bisa mas/pak….
      mau senapan type apa..???
      085624744982 no sy
      thx

  22. stef said,

    April 9, 2009 at 3:01 pm

    produk senapan lokal apa yang paling bagus?.

    jual hunting master AR-4 atau rapid 20?.

  23. m fahmi said,

    April 18, 2009 at 1:22 pm

    wah salut deh,menurutku senapan u udah layah dech di pasarin keluar negeri

  24. DRSP said,

    April 25, 2009 at 3:58 pm

    Saya Punya Senapan Angin Buatan Cipacing…model sech oke tapi kenapa ya sasarannya selalu aja ngaco alias gak bener…saya cuma ngasih masukkan aja buat para pengrajin, kalo buatnya jangan sampe asal-asalan jangan sampe mengecewakan konsumen. Kalo bagus kan bisa Dilirik konsumen luar. Saya juga orang sumedang, saya bangga sumedang begitu juga dengan produk sumedang….thanks

    • finulatte said,

      Maret 22, 2011 at 12:14 pm

      udah tahan napas belum om?
      posisi badan kita juga harus steady sebelum menembak. :)
      biar akurat.
      kalo ngga bisa tuh ditambah rifle scope merk Bushnell

  25. Ruzz said,

    April 25, 2009 at 4:04 pm

    Bener itu yang dikomentarin DRSP diatas, saya juga punya buatan cipacing…keluhannya punya saya juga sama. Malahan di toko-toko penjual sepanjang jalan cicalengka…banyak sekali senjata-senjata angin yang modelnya bagus tapi pisir-pisirnya pada nyengsol. Jadi tolong diperbaiki agar kualitasnya tetap terjaga. JANGAN ASAL-ASALAN aja kalo buat. Kualitas dan kuantitas harus seimbang.

  26. Ahmad Walij said,

    Mei 10, 2009 at 1:49 pm

    Ass.wr.wb

    wah senengnya bisa nemu situs ini…hehe

    sebelumnya mo nanya nih, apa ini situs resmi produsen senapan angin cipacing…?

    kalo betul, saya boleh ngasih ide-ide dalam bentuk prototype model-model senapan angin ngga ya…?

    terima kasih, salam hormat dari saya

    Ahmad Walij

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:21 am

      kalau situs resmi kita belum ada, tapi sementara ini situs nya..
      boleh saja, sy sangat senang menerimanya..
      terimakasih

  27. amirul said,

    Mei 15, 2009 at 1:27 pm

    kira kira kisaran harganya brp?

    • pipin said,

      Maret 2, 2010 at 9:22 am

      utk type gas kisaran Rp.3.500.000 sampai custem.
      thx

  28. Juni 2, 2009 at 3:36 am

    ada popor aksesoris dri kayu ga untuk senapan jenis sarp innova?kalo ada berapa ya harganya?thx

  29. Sultan Romel said,

    Juni 6, 2009 at 11:48 am

    saya ingin tahu senapan buatan raden Saud apa masih ada kalo tidak salah
    merk nya SD kira – kira kalo yang model pompa harga nya berapa , atau
    kalo ada yg punya kontak jg gpp … trims

  30. put said,

    Juli 1, 2009 at 4:33 am

    hallo…
    bos ak jg org medan
    dan ak jg mau jual senapan gas lokal cipacing..
    ms baru,merk hunting master 6 peluru..duble tbg gas
    hp 06177088585

  31. dede sofyan said,

    Juli 14, 2009 at 3:40 pm

    pesen langlayanganlah..he

  32. Ari said,

    Juli 15, 2009 at 5:33 am

    Hai,

    Tolong dikirim katalog en daftar harga ke e-mail: yogazh@hotmail.com.

    Makasih,

    Ari

  33. eric said,

    Agustus 24, 2009 at 2:52 pm

    BRO SENAPAN1\12 BAJA ADA APA GA, BISA PESEN 1\11 60CM

  34. eric said,

    Agustus 24, 2009 at 2:57 pm

    ADA LAGI BRO SENAPAN AKU AKURAT SI 100METER TAPI 100METER KURAN SETABIL MAKANYA AKU PESEN YANG 1\11, MASA KALAH DENGAN SARP INOVA LARAS PENDEK. RUMUS DATAK COBA TAPI LARAS GAMPANG HABIS ALURNYA PESEN YANG BAJA BISA APA GA, TEKANAN ANGIN SENAPAN KU CUMA 1000PSI

  35. achan said,

    September 11, 2009 at 2:19 pm

    gw salut ma kreatifitas orang2 para pembwt snapan… gw bakal dukung mreka terus, bwt ngembangin kreatifitas & hobi mreka itu. & gw jga doa’n mreka, mga aja swtu saat ga cma snapan angin yg mreka bwt, tpi jga bisa memproduksi jenis2 snapan yg mutahir,,,&bakal di prhitungin di jagt ne!!!!! smangat!!!!!!!!!

  36. samboo liem said,

    September 15, 2009 at 2:12 pm

    saya menyediakan berbagai jenis spare part buat senapan dengan harga grosir..jika berkenan mungkin saya bisa pasok sebagian part yang tidak diproduksi sendiri oleh pabrik senapan di cipacing..silakan hub saya via email..

  37. reza said,

    September 18, 2009 at 4:19 pm

    om kalo senapan per di kokangnya dari samping bukan kayak sniper gitu…,kira-kira berapa yah harganya om yang per/spring…nah bisa gak pesen yang bentiknya sesuai keinginan om??thanks yah^_^ blz ke reza_nojime@rocketmail.com di tunggu yah makasih om

  38. aditya said,

    Oktober 30, 2009 at 2:41 pm

    untuk perajin senapan d’cipacing,bisa ga saya pesan laras senapan dgn diameter lubang7,62mm(dengan alur)panjang 550-600mm. berapa harganya?
    hubungi saya di 081256108991

  39. chandra said,

    November 16, 2009 at 2:57 am

    minta katalog sama daftar harga senapan angin mau beli senapan angin atau gas ni yg bagus buat koleksi sama buat latihan. kirim ke permana_chandra@yahoo.co.id ya makasih/hatur nuhun..

  40. Tara Mindarta said,

    Desember 9, 2009 at 12:37 am

    mas saya dulu punya senapan angin lalas pendek juga tidak tepat sasaranya. sekarang saya tanya apa ada senapan angin yg model fn dan harganya berapa ? lalu apa bisa dibawa kemana aja ( resmi ada suratnya ) lalu kalau ada bisa hubungi saya di 088802210918 saya tunggu jawabannya ! trims.

  41. Herman said,

    Desember 18, 2009 at 6:35 am

    wah saya juga pengen punya senapan angin dulu punya Benjamin, klo mo beli yang seken berapa duit ya…

  42. suigetsu said,

    Desember 27, 2009 at 1:27 am

    slmt pagi pak pipin, ini saya mau menanyakan bagaimana cara menghitamkan laras senapan angin? saya menonton di tv one pd tgl 19 des 09,menjelaskan ada 3 jenis bahan kimia yang di gunakan untuk pencelupan laras senapan tersebut.yang mau saya mau tanyakan apa nama bahan kimia tersebut dan cara pemakaianya? terima kasih sebelumnya untuk jawabannya

  43. muhammad said,

    Januari 11, 2010 at 3:20 am

    mas ada no hp nya ga saya mau pesan blm tau dimana saya darikaltim maupesan senapan

  44. awan said,

    Maret 1, 2010 at 11:59 pm

    mas sy mau pesen senapan gas no tlp nya berapa sms sy ya no hp08129209893

  45. hendra daglass said,

    April 17, 2010 at 2:50 am

    Berapa nomer telephone / HP yg bisa saya hubungi?
    Tks………..

  46. odit said,

    April 29, 2010 at 6:33 pm

    Ada yang jual senapan yang pake per ga? Tapi per/spring nya udah diganti pake yang LN

  47. bejo said,

    Mei 1, 2010 at 4:53 am

    i like it’s

  48. Hansen said,

    Mei 20, 2010 at 4:34 am

    Hi, saya suka Menembak tapi saya punya kesulitan dalam beradaptasi dengan senapan, so saya minta tolong diberitahukan triknya dan dimana saya dapat memesan senepan yang pas buat saya.

  49. Hansen said,

    Mei 20, 2010 at 4:35 am

    Tlng dong dikirimkan gambar2 dan merk senapan angin serta harganya,. thanks

  50. ibnu said,

    Juni 1, 2010 at 3:53 pm

    boleh kita minta ebook nya mau belajar buat nih

  51. mazqur said,

    Juni 8, 2010 at 1:05 pm

    berapa keakuratan senapan yang anda buat & apakah jika saya memesan akan dapat terjamin>>>>>>

  52. azizi said,

    Juni 10, 2010 at 1:26 pm

    saya minta harga2nya dong mas

    thanks

  53. rony said,

    Juni 20, 2010 at 2:09 pm

    hallo hallo, ikut nimbrung he3X. saya dr bdg, br ikut hoby senapan angin. buatan lokal cipancing. saya pgn rubah pegangan kayu sesuai selera saya. cipacing terima order gitu ga ya? brp kira2? haturnuhun

  54. afandi said,

    Juni 23, 2010 at 3:40 pm

    boss mintak dong gambar katalog,harga,n tipenya,kebetulan bayak temen yang hoby hunting,ane tunggu ya…

  55. Suparno said,

    Juni 30, 2010 at 5:06 am

    saya minta dikrim ke e-mail sayatentang spesifikasi senapan angin diataranya seberapa jauh jarak tembak, bagaimana kala saya mau pesan senapan angin yg pelurunya kaliber 5mm

  56. yamin said,

    Juli 27, 2010 at 10:43 am

    oom ada yang tau ngak ya beli cairan blonir dimana & berapa harganya,
    thank

  57. pendi said,

    Agustus 13, 2010 at 8:42 am

    bagus banget beritanya

  58. sugiana i made said,

    Agustus 19, 2010 at 4:35 pm

    saya dari bali,lam knal ya,jika ada senapan yg punya power bagus,dan harganya bisa di bwh 1juta ato pas,tolong sms ke 081805646030,tolong bantuannya.thanks

  59. sugiana said,

    Agustus 19, 2010 at 4:44 pm

    salam dari bali,aku pengen senapan yg harganya 1juta,tlong beri info ke ak,,,sms aja ke 081805646030,,perlu segera mungkin,kalo bisa ikut joint n buka cabang di denpasar bali,alnya penggemar n pemburu bnyak bgt yg bingung cari senapan bagus kyak buatan anda,,,SAYA UDA DPT LHO NONTON DI METRO TV 2hr yg lalu…..thanks

  60. Agustus 20, 2010 at 5:19 pm

    tolong kirim katalok dan daftar harga. untuk senapan pompa.

  61. September 15, 2010 at 8:36 am

    tolong di kirim katalog dan harganya bro…dan ada yg kaliber 5,5 gak?di tempat sya byk yang pesan..
    tq..

  62. September 15, 2010 at 8:38 am

    ronyfadillah@yahoo.com kirim k email ini jg bro

  63. September 28, 2010 at 3:56 am

    Bagaimana Kalau diciptakannya senjata yang seperti senapan mainan anak-anak yang marak dibicarakan sekarang ini. Bahan-yang digunakan untuk senapan angin itu sebenarnya dari besi apa dan untuk senapan Diana itu besinya dari jenis besi apa, dan kayu popor dari kayu apa. Terima kasih

  64. September 28, 2010 at 4:01 am

    Sekarang ini Senapan Angin yang saya rakit sendiri sejenis airgun tapi bisa mengisi peluruh secara otomatis dan cukup dengan menarik pengait yang ada di bawah selonsong senapan. Kenapa sekarang masih banyak senapan yang diisi peletnya dengan manual, tapi kenapa tidak diciptakan senapan yang bisa mengisi secara otomatis supaya kita sebagai penggunanya tidak perlu capek-capek mengisi dengan tangan.

  65. agustiansa said,

    September 28, 2010 at 7:22 pm

    bisa minta daftar harga senapan cipacing dong. tolong kirim ke mail saya.tianagustiansa@yahoo.com

  66. dodi bang said,

    Oktober 6, 2010 at 6:20 pm

    yang tinkat ke akurasianya tinggi yang mana?

  67. ayardansafa said,

    Oktober 11, 2010 at 5:03 am

    bos gue butuh predam yang benar – benar tanpa suara dan itu harganya brapa.klo bisa juga pingin ke cipacing melihat langsung cara pembuatan senapan angin yang baik dan benar

  68. ayardansafa said,

    Oktober 12, 2010 at 5:57 am

    kok

  69. Freddy said,

    Oktober 17, 2010 at 2:33 am

    Salam kenal…..
    Mau nanya nih…, seandainya mau pesen senapan angin gas yang menyerupao remington 700 bisa ga? kira@ harga berapa?
    untuk laras ulir ga?
    alamat email ini bisa buat tanya lebih jauh tentang senapan gas khan?
    makasih

  70. deden said,

    November 23, 2010 at 1:40 pm

    saya mau pesen senapan murah tp goooood!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1@@@@@@???????

  71. deden said,

    November 23, 2010 at 1:42 pm

    harga cantumin aja okkkkk…………..?????/.

  72. scope said,

    Januari 21, 2011 at 8:08 am

    bos bisa bikin air soft gun yang model snipier g?pie yang model kokang ajah,pie kecepatan jangan lebih dari 500 fps

  73. sofian said,

    Februari 1, 2011 at 2:17 pm

    itu adalah senapan yang hebat pasti susah ya?

  74. sofian said,

    Februari 1, 2011 at 2:20 pm

    senapannya berharga 1.500.000 hingga 8.000.000

  75. sofian said,

    Februari 1, 2011 at 2:21 pm

    deden pake shot gun aja pasti mantap gw suka shot gun!!!!!!!!!!

  76. A. Ilyas said,

    Februari 6, 2011 at 11:06 am

    Saya ingin bertanya, …..untuk keperluan apa senapang angin digunakan ?

    Kalau untuk menembak burung burung liar (seperti yang sering terlihat selama ini), tentunya hal ini sangat disayangkan/merugikan ….. karena suatu saat nanti satwa tersebut akan punah dan anak cucu kita tidak akan pernah lagi menikmati keindahan kicauan burung.

    Seandainya burung yang ditembak tersebut meninggalkan anak anak di sarang, alangkah sengsaranya piyik piyik menunggu kematian karena menahan lapar.

    Kalau bukan untuk tujuan menembak burung/satwa, maka saya mengusulkan agar produsen memberi peringatan di popor untuk tidak dipakai menembak burung/satwa yang bukan hama.

    Maaf untuk pertanyaan yang mengusik ini !!

    • papinha said,

      Februari 6, 2011 at 11:50 am

      saya maafkan, saya senang anda bertanya seperti itu,dan saya pikir pertanyaan anda bukan mengusik,,sebenarnya menggugah para pengguna senapan angin.
      saya pikir penggunaan senapan angin sangatlah banyak,salah satunya untuk mengikuti kontes menembak(mungkin anda sudah sering mendengar nama tempat “lapangan tembak senayan) Naah,,jika anda pergi ke situ anda akan menjumpai ratusan pengguna senapan angin,nama persatuannya “PERBAKIN”.perbakin ini prestasinya cukup membanggakan di kancah lomba menembak Dunia. dan salah satu nya lagi yaitu dengan yang anda sebutkan,menembak binatang,memang ironis, dan sayapun tidak setuju apa bila di gunakan utk menembak burung2 kecil(pipit).kebetulan saya sering berkegiatan pada lingkungan WWF.tergantung dari moralitas dan moral intelektual pengguna senapan tersebut.saya sering melihat org2 menembak burung2 kecil, bahkan saya mencoba menjelaskan seperti pernyataan anda,tetapi saya melihat sisi yang lebih ironis lagi dari jawaban yg mereka lontarkan,bahwa burung yang mereka tembak adalah untk di santap oleh anak dan istrinya, kalau istilah sunda (deungeuna).dan saya pikir itu terjadi hanya pada kalangan orang2 yg daya pikirnya terbatas.tetapi tdk termasuk org iseng.
      terimakasih atas respon anda terhadap karya saya.

  77. zolkapaly said,

    Februari 22, 2011 at 5:45 pm

    saya berminat untuk membeli senapang angin, Boleh beri alamat serta website untuk melihat senapang yang ada untuk jualan.

  78. Eddy reog said,

    Maret 8, 2011 at 2:00 am

    Hallo Bung sy mau nanya klo mau pesan laras dari baja atau besi gimana caranya dan berapa panjang laras 55 tolong kasih info dong matur thank you sy di ponorogo jatim

  79. Iwan said,

    Maret 9, 2011 at 4:46 am

    Mas,bsa gk bkinkn sya snpan angin yg larasna bsa dignti-ganti 4,5 dngn5,5mm biar prktes.thank…

  80. dede said,

    April 2, 2011 at 7:14 am

    numpang tanya nh.
    di Kalsel udah ada blum ya cabangnya or dimana bisa beli senapan tsb?
    Thanks b4

  81. dede said,

    April 2, 2011 at 7:15 am

    & ada ga perbakin di Kalsel?

  82. Ferry said,

    April 5, 2011 at 7:52 am

    dirumah Saya Banyak Tikus, I HATE MOUSE, Merusak (Ngaruksak Sagala Rupa), mulai kabel, makanan, dan Properti Rumah lainnya, maklum dagang (ngawarung).
    Kalo senapan buat membunuh tikus ada gak??? Harganya berapa???
    kalo boleh bales comment nya di Fey_Firman@yahoo.com
    makasih….

  83. Ferry said,

    April 5, 2011 at 7:53 am

    dirumah Saya Banyak Tikus, I HATE MOUSE, Merusak (Ngaruksak Sagala Rupa), mulai kabel, makanan, dan Properti Rumah lainnya, maklum dagang (ngawarung).
    Kalo senapan buat membunuh tikus ada gak??? hehehehe….
    Harganya berapa???
    kalo boleh bales comment nya di Fey_Firman@yahoo.com
    makasih….

  84. anwar said,

    April 25, 2011 at 8:39 am

    mas tlng kirim katalog ato daftar harga ke email sy makasih….anwar_kos@yahoo.com

  85. suxe said,

    Mei 5, 2011 at 4:00 pm

    Mantab!!!!

  86. samuel said,

    Mei 20, 2011 at 8:20 am

    slm knl

    saya mau tanya klu pesan senjata seperti model Diana RWS 470TH bisa g lengkap am peredam dan teleskopnya?
    saya juga minta katalog+harga krn saya sangat tertarik dengan buatan anda.

  87. Fatur said,

    Juni 3, 2011 at 12:33 pm

    bisa minta daftar harga serta image senapan cipacing dong. tolong kirim ke mail

  88. galang said,

    Juni 23, 2011 at 6:31 am

    mau nax cara menserokan bidikan senapan angin…ajarin donk maklum pemula maksih atas bantuannya….

  89. magi12038703 said,

    Juni 23, 2011 at 8:35 am

    mas saya mau tanya ada ga senapan angin kompa yang powernya >1200 fps , tapi hanya beberapa kali kompa saja, trus akurasinya tinggi , kalo ada harga net sampai jakarta berapa, Hub 0817800928 candra terima kasih

  90. pendik said,

    Juli 22, 2011 at 1:18 pm

    tolong kirim catalognya mass,tanks

  91. September 8, 2011 at 1:52 am

    Salam kenal saya dari Mataram, ingin bertanya seputaran sengin,, senapan anginnya berkisaran harga berapa aja???,, terima kasih…

  92. Alexrusdi said,

    September 11, 2011 at 1:15 am

    Mas bisa pesan senapan gas, ga? Tapi yang popornya dimodifikasi seperti SS1 v2 atau sabhara V2?
    Kalau ada tolong sms ke hp saya.

    082185005080, ditunggu

    • papinha said,

      Februari 1, 2012 at 12:39 pm

      bisa pak…..
      tks

  93. petruk said,

    September 13, 2011 at 12:41 pm

    hade..!!

  94. petruk said,

    September 13, 2011 at 12:47 pm

    mas mau nanya nih,klo senapan angin yang mas buat masih ada gak..?? + tele.saya pernah coba.ceuk urang lemburmah”NITIK”..pokona hade lah si emas ieumah

  95. abrar said,

    September 15, 2011 at 2:44 pm

    Kang, mas atau bapak…
    ada gk senapan angin untuk nembak cepat. misal sekali kokang langsung tembak, tapi kekuatan standar. saya mau gunakan untuk nembak musang atau tupai. di kebun saya banyak bgt tupai, ngerusak taneman.
    klo ada kabari yo….
    085761040059

  96. nirwanfiles said,

    Oktober 5, 2011 at 2:34 pm

    bos.. mantap kali informasinya..
    oya bos, apa yang salah dengan senapan angin bila kadang2 ketika kita pompa sekitar 5 kali kemudian lepas sendiri padahal keadaan pemicu sdang dikunci. trus bagemana cara mengatasi hal tersebutk karena agak berbahaya juga itu… thanks atas jawabannya.. sekalian balasannya ke email saya nirwan.npl@gmail.com

  97. herhav said,

    Oktober 11, 2011 at 11:42 pm

    Boleh nda saya di kirimkan daftar harga dan foto senapan buatan cipacing………..? ke Email saya. mail: juanda.muchtar@yahoo.com
    ” Terima Kasih”

  98. jhon said,

    Oktober 16, 2011 at 11:42 am

    bisa pesan laras 5,5 mm g

  99. ameer hamzah said,

    November 8, 2011 at 3:18 pm

    mas canon tu senapan inpor ya, saya punya canon super tipe 737,sering disebut canon Ak47,tapi baru 1bulan udah los,pa da cara untuk perbaikinya, TQ

  100. sugeng said,

    November 12, 2011 at 10:47 pm

    Boleh gak kami main ke bengkel biar lebih afdol krn mau pesan langsung dari pengrajinnya oya klo keluar tol cilenyie ke arah mana pak?

  101. widiyasmara said,

    Desember 1, 2011 at 6:08 pm

    minta daftar harga tebarunya msenapan mulai dari gejlug sampai sekarang kirim ke e-mail ja ea

  102. aan laloe said,

    Januari 12, 2012 at 8:24 am

    misi agan2 di papinha, minta info ada jual tabung titanium yang grade 1 ato grade 2, diameter 32,, mohon diberikan info atau saran,, terima kasih….

  103. Darmansyah said,

    Januari 16, 2012 at 4:39 am

    Kalau dimedan adangk jual larasnya aja pak,kalau ada apa nama toko dan alamatnya.

    • papinha said,

      Februari 1, 2012 at 12:37 pm

      saya kurang tahu pak,,,,,
      mungkin saja ada…
      tks

  104. henry said,

    Januari 30, 2012 at 6:07 pm

    senapan angin canon 727 kalo dipompa tidak terisi..

    • papinha said,

      Februari 1, 2012 at 12:36 pm

      bocor kayak nya om

      • Februari 14, 2012 at 3:34 am

        om mau nanya untuk senapan pcp isi 12-20 semi otomatik/yg otomatik yang dapat di isi dengan pompa tangan HILL PUMP ad ngk,,,,,dan kalau ad senapanya harganya berapa,,,,,,

      • paijo said,

        Februari 22, 2012 at 9:16 am

        ada pic cra bonkar tabung canon 727 gk??

  105. Februari 5, 2012 at 3:48 pm

    weiiih…mantap ,acung 2 jempol dech buat pengranjin senapan lokal ..jaga kualitas/mutunya ,kalahkan produk luar

  106. alba said,

    Februari 6, 2012 at 2:05 pm

    om laras st alur 12 1/2 putaran ato 1 putararan choke 2 cm pj 65 cal 117 od 13 ada ga om? pm 082111122069 om sampe solo net brapa tuh…tnk

  107. Februari 14, 2012 at 3:36 am

    om mau nanya untuk senapan pcp isi 12-20 semi otomatik/yg otomatik yang dapat di isi dengan pompa tangan HILL PUMP ad ngk,,,,,dan kalau ad senapanya harganya berapa,,,,,,bisa hub di 081915107025 /081327640938

  108. ahmad topaz said,

    Februari 24, 2012 at 3:00 pm

    Ass, Mas, saya baru beli senapan angin PCP, pake magazin @10 mimis dan pressure gauge, buatan lokal (ngga ada merk), tapi baru saya pake kira2 25xtembakan dan baru sekali isi ulang gas dari scuba sekarang udah macet. Senapan tidak menunjukan adanya angin padahal pressure gauge masih menunjuk angka 1000 psi. Kira-kira kenapa ya?? mohon advicenya.

  109. teguh sutopo said,

    Maret 7, 2012 at 4:05 pm

    mas , senapan PCP buatan cipacing sekarang harganya brp?

  110. andhy said,

    Maret 12, 2012 at 4:21 pm

    pak bisa bikin popor senapan angin untuk gejluk model ak47.??

  111. Maret 16, 2012 at 7:16 am

    wauuu,,,keren n hebat bgt…..

  112. ahmadtopaz said,

    Maret 30, 2012 at 1:39 pm

    Mas papinha,

    Senapan PCP kalo mau disimpan, sebaiknya kosong atau berisi tekanan ya ? Lantas klo tekanannya berkurang sendiri, kira2 bocornya dimana ya?

    Tks, dan ditunggu jawabnya.

    • papinha said,

      April 7, 2012 at 1:04 pm

      sebaiknya di simpan dengan keadaan kosong pak…
      jika demikian kemungkinan terbesar kebocorannya terletak di antara kedua pentil (depan atau belakang)
      terimakasih kembali
      maaf jawabannya terlambat.

  113. ahmadtopaz said,

    Maret 30, 2012 at 1:48 pm

    Mas papinha,

    Senapan PCP sebaiknya disimpan dalam kondisi kosong atau bertekanan ya? Kenapa sekarang senapan saya gasnya bisa habis sendiri ? kalo bocor, kira2 apanya yang bocor dan apakah perlu diservice ya ?

  114. andhy said,

    Maret 30, 2012 at 2:39 pm

    mau tanya sama achli nya soal senapan . kenapa senapan saya selalu bocor. service berulang-ulang masalahnya,selalu sama bocor…jenis senapan nya canon …

  115. imran said,

    April 3, 2012 at 12:18 am

    hallo…bole nggak kalo loe nnjukin cranya buat senapan angin dngan lbih details lg…trtama pda bh
    gian buat pelatuknya…soalnya kpengen ni buat senapan angin sndri…mhon bantu ya…

  116. April 7, 2012 at 7:59 am

    saya kepingin senapang angin cipacing. bisa ngak di kirim ke malaysia

    • papinha said,

      April 7, 2012 at 1:01 pm

      bisa pak,,
      tapi di kirim dengan tidak di rakit, menjadi 2 paket dengan pohpor terpisah.

    • papinha said,

      April 7, 2012 at 1:06 pm

      bisa pak,, tapi di kirim dengan tidak di rakit, menjadi 2 paket dengan pohpor terpisah.

      • rudin arianto said,

        April 8, 2012 at 6:47 am

        berapa jumlah bayarannya dan bagaimana methode pembayaran nya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: